Siklus Coass

Hari ini aku mau cerita2 soal coas.
Sebelum jadi DRG, ada lagi namanya coas. Coas dijalani setelah diwisuda SKG, sekitar 1,5-2 taunan kira2 lamanya. Di USU sendiri, ada 8 stase yang harus diselesaikan. Orang2 dalam siklus coas bisa ditentukan sendiri, tapi rute stase nya tetap kampus yang netapin.


Alhamdulilah aku punya teman2 siklus yang luar biasa. Dan selama aku coas, mereka sedikit banyak udah membantu banget. Saling berbagi pasien, copyan bahan ujian, nggosip dan gila2an bareng, pokoknya seru lah bareng mereka.
Meet Annisa, Hanny, Riona, Li Ting, Desi, Febby, Yaya, Muchlis, Rony, Fauzan, and Jevin.
Teman2 siklus coas ku yang baik2 hatinya, cantik dan ganteng orangnya.

Here we are, the exclusive dentist
Siklus pertama adalah Periodonsia. Disini nih tempat pembantaian plak dan kalkulus alias karang gigi. Masih baru2 coas, jadi agak kagok. Aku juga masih takut2 nanganin pasien langsung. Sama teman sesiklus juga masih belum terlalu kompak. Masih ada egois2nya dalam hal unit dan pasien. Tapi untungnya semua bisa berbaur. Lama2 sifat egois bisa hilang juga kok. Dan alhamdulilah kami selesai minreq nya, walaupun Febby harus berjuang bedah disaat banjir melanda.

Stase berikutnya adalah Oral Medicine alias penyakit mulut. Di stase ini agak santai, banyakan gosip2 dan main2nya. Heheehe. Waktu lagi heboh2nya keripik maicih, kami ngerjain yaya buat makan keripik maicih yang pedesnya level 10. Padahal yaya itu anti pedes. Hahhaa..sampai keluar air mata dia nahanin pedesnya. Karena di stase ini minreqnya ga banyak, jelas donk kami selesai semua. Walaupun isi jurnal saling contek2an. Hehehehe.

Berikutnya masuk stase Konservasi. Nerakanya coas kalo kata senior2. Hahhaha...padahal semua stase bisa jadi neraka kalo pasiennya gak ada. Apalagi kerja harus ada asisterennya. Ada pasien, ada unit, gak ada asisteren ya gak jadi kerja. Dan gak semua orang mau dimintain tolong jadi asisteren kan. Di Konser ini juga peraturannya ketat. Susah mau cabut2 keluar buat makan. Begitu sidak, orang yang lagi dikantin pun bisa lari sampai 100km/jam buat balik ke konser. Hahhahaa. Jadinya tiap hari makan risol yang dijual disana. Hidup risol!! Di stase ini aku juga sempet deman 3 hari karena stress mikirin pasien yang mendadak ngilang gak mau datang lagi. Sampai jauh jemput ke rumahnya buat mujuk pasiennya. Dia yang sakit, kita yang mengiba2. Huh! Tapi lagi2 alhamdulilah semuanya lewat dan minreq juga. Akhir siklus aku rayakan dengan nonton SMASH gretongan dari Uni. I heart u lah...

Pose di depan Konservasi
Setelah Konser kami masuk Bedah Mulut. Ini mah surganya coas kalo kata senior2 (lagi!). Minreqnya lumayan banyak, tapi enaknya kita bisa berbagi pasien. Ada hampir 6 minggu kami nganggur buat aplikasi, yang berujung dengan kehebohan2. Dari yang nonton film hantu Thailand sampe jerit2, maen kartu, nyanyi andeca andeci sambil joget, meriah euy. Gak lupa aplikasi anestesi yang bikin bibir dan lidah beler2 karna kebas. Waktu Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kebetulan kami lagi di stase BM. Pasien banyak gilak. Udah kayak cabut rumput aja rasanya nyabut gigi2 pasien itu. Hihihi...lebay. Dan cuman di stase BM ini kami foto2 bareng dosen2 pas di hari terakhir siklus. Rasanya mau coas di BM aja terus. *ditendang massal*

Duduk manis nunggu pasien sambil bergosip
Foto di hari terakhir stase BM
Lanjut di stase DPH. Ngurusin tentang kesehatan gigi masyarakat. Disini kami ada ke puskesmas, ada penyuluhan anak2 TK, penelitian, pokoknya stase yang lebih banyak depan laptop dan kertas2 dibandingkan ngerjain pasien. Pernah stay sampe sore di kampus buat nyelesaiin laporan. Sampai sempat2nya maen badminton dalam ruangan. Hahhaha. Lagi2 banyakan gosip dan ketawanya disini. Saking kebanyakan ketawa, aku ama Ona dihukum suruh jelasin satu buku dari awal ampe akhir. Padahal ketawanya rame2, cuman ya mungkin kami berdua yang keliatan ama dosennya. Ingat juga kami pernah pergi makan ber12 cuman pake 1 mobil innova aja. Kebayang gimana kegencet2nya di dalam mobil itu. But it was fun. 

Selesai penyuluhan anak TK
Next Prostodonsia. Di stase ini kami berpartner buat ngerjain gigi tiruan. Aku bareng Ona. Ada salah satu pasien kami yang riweuhnya gak ketulungan, berasa artis ibukota, padahal gigi tiruannya gratis. Di stase ini lumayan capek, banyak kerja klinik dan lab nya. But, so far so good. Minreq selesai. Malah sempat lagi aku ama Ona pulkam sekelak karena kami ada stagnansi seminggu sebelum ke stase berikutnya. Hitung2 penyegaranlah. 

Bareng partner coas
Siklus terakhir Pedodonsia. Yang suka anak2 pasti bahagia, Buat yang tidak, selamat malam lah. Hahhaha. Di stase ini waktunya sedikit tapi minreq nya lumayan banyak. Uang juga habis buat beliin jajanan buat pasien anak2. Belum lagi iming2 hadiah biar dia mau kooperatif. Apalagi aku kurang berbakat mujuk anak2. Kalo gak inget itu pasien dan anak orang, mungkin udah aku cubit2in. Ups..hehehhee. Alhamdulilah teman2 siklus aku pada baik, kami saling berbagi pasien, sama2 ke SD buat nyari2 pasien. B'Andri juga khusus balik dari Aceh buat bantuin aku yang udah hopeless. Jadinya lagi2 semua bisa minreq. 

Kalau untuk stase Ortodonsia, dia kontiniu sepanjang siklus. Sekali seminggu kami harus masuk siklus Orto. Karena buat ngerapiin gigi kan butuh waktu yang lama. Sering juga orang lama tamat karena nyangkut di orto ini. 

Welcome to RSGMP USU, tempat coas aku
Di coas ini kita emang harus pandai2. Aku bersyukur teman2 siklus aku baik2, saling bantu. Karena pasti gak nyaman kali menjalani percoasan dengan teman2 yang egois, gak kompak, gak mau bantu2. Sekarang2 ini aja rasanya kangen banget ama mereka semua. Dulu tiap hari ketemu, ketawa2, sekarang udah tamat, udah pada balik ke kampung halaman masing2. Mudah2an ada aja waktu kami buat bisa ngumpul ber12 lagi kayak dulu ya. Mudah2an tetep keep in touch sampai seterus2nya.

Gak lupa sebenernya terima kasih buat B'Andri. B'Andri banyak banget bantu aku juga selama coas. Karena dia senior jadi udah tau seluk beluk coas, dan karena dia pacar aku. Uwuwuww...hehehehe. Rela dia pulang dari Aceh buat bantuin aku cari pasien, rela setiap hari dengerin curhatan aku, dan sanggup dia selalu buat aku ketawa kalo aku udah kumat nangis2nya. So blessed, indeed.

Masa coas enak buat dikenang, tapi gak sanggup kalo disuruh ngulangin lagi. 
Apalagi aku termasuk cengeng, hampir di setiap stase ada nangisnya. Malu2in bener. Tapi yaaa nikmatin aja semua. Ada yang pait banget, ada yang lawak2, tapi semua akan terbayar pada waktu akhirnya kita diambil sumpah DRG. Memang sih abis tamat juga bukan langsung settle, masuk ke dunia kerja mungkin lebih berat lagi ya kan. Nikmatin fase2 dalam hidup yang sedang dijalani. Karena setelah dilewatin akan banyak kenangan2 yang buat kita tersenyum nantinya.

For siklus coas ku, I miss u guys.
Until we meet again.

Comments

Popular posts from this blog

Lucky