Makna Idul Fitri

Waktu kecil,  momen Idul Fitri adalah saat2 paling membahagiakan.  Dan seru.  Dan serba baru.
Iming2 THR kalau puasa full juga jadi salah satu penyemangat puasa. Benar atau salah,  setidaknya aku kecil jadi semangat berpuasa. Semangat beli takjil.  Kesenengan saat mama ngajak belanja baju, sepatu, dll nya.  Momen2 iri liat THR sodara2.

Waktu kecil semua memang cenderung menyenangkan ya.
Tinggal menjalani serunya Idul Fitri.

Saat dewasa,  keseruan itu agak berkurang. Puasa ya wajib.  Mana ada lagi iming2 THR. Dan aku amat sangat menyadari kurangnya ibadah aku di bulan Ramadhan beberapa tahun terakhir ini. Puasa sih tapi kadang mau menggosip juga.  Puasa sih tapi ngaji jarang banget.  Puasa sih tapi tarawih bolong2. Pada akhirnya Ramadhan berlalu dan aku cuma bisa nyesal. Nyesal tapi lalu mengulanginya di tahun mendatang. 

Siapa yg tau kalau ini ternyata Ramadhan terakhir aku.

Idul Fitri juga jadi biasa aja.
Masih menikmati ngumpul keluarga, silahturahmi sana sini,  tapi ya hambar.  Hanya sebatas rutinitas.  Gak ada lagi perasaan excited dan deg2kan seperti dulu.  Gak ada lagi kehebohan nyiapin telekung, baju waktu malam takbiran.

Apa yg salah?

Ya gak ada yg salah.
Mungkin aku hanya tumbuh dewasa.
Mungkin aku jadi orang dewasa yang membosankan.
Mungkin aku jadi orang dewasa yang kurang bersyukur.

Dulu lebaran ya tinggal lebaran aja.
Sekarang banyak yg musti diurusin.
Mikirin uang habis buat belanja ini itu, sibuk beberes rumah dan lain sebagainya.
Aku menjalani idul fitri sebagai orang dewasa dan begitulah adanya.

Harusnya aku banyak bersyukur ya.
Idul Fitri tentunya harus jadi momen penuh kebahagiaan,  baik saat kecil ataupun dewasa.
Tapi tetap gak bisa dipungkiri bahwa saat dewasa kita cenderung biasa2 saja terhadap sesuatu.

Setidaknya aku begitu.
^^

Menjadi dewasa tidak begitu buruk kok.
Beberapa hal pasti akan berubah.

Berusahalah itu jadi perubahan yg lebih baik.

Selamat Idul Fitri 1437 H.

Comments

Popular posts from this blog

Lucky