Fase tantrum? Benarkah ada?

Asalamualaikum...

Selamat pagi dari puskesmas Bulang.
Cuaca mendung2 adem dan belum ada pasien. Daripada bengong mending ngeblog.

Beberapa hari ini Abel rewel banget.
Suka teriak2, dan kalau yg dia minta gak dapat dia bakal nangis kejer, sekuat tenaga dan lama banget berentinya. Sampe maunya dia diturutin. Padahal dulu enak banget ngajak Abel kemana2. Anaknya ceria trus gak lasak kali dan gak suka nangis heboh. Eh...kemaren dia mulai la. Apa bener ya umur 2 tahun gt ada fase tantrumnya anak? Aku gak mau terlalu berteori sih, cuma mau cerita pengalaman pribadi aja. Biar someday aku bisa baca2 dan inget gimana jatuh bangunnya aku jadi seorang ibu.

Tepatnya gimana jadi seorang ibu yang baik.
Karena jadi ibu sempurna akan terlalu demanding buat aku.

Kalau Abel lagi ngamuk gitu aku udah coba ngalihin dengan nunjuk benda2 apapun di sekitarnya. Udah pakai suara lembut, tegas, bahkan teriak (saking hopelessnya). Jujur aku sebetulnya gak mau bentak2 anak. Aku takut Abel bakal stress dan ngejauhin aku. Tapi gak bisa. Rasanya capek pulang kerja dan di rumah anak tantrum pulak. Kasih hamba sabar banyak2 ya Allah...

Abel cuma nurut kalau papanya udah pakai suara keras juga.
Kemaren saking udah capeknya bujuk, papanya pakai pukul dinding gitu biar Abel diam. Berhasil sih..tapi apa cara kami itu benar ya?
Ngaruh gak ya ke psikologis Abel?
Hikss...bingung berat. Dan sangat merasa bersalah sama Abel karena dia diam tapi mukanya cemberut nahan nangis. Terisak2 sampe sesengukan karena lihat muka papanya yg udah marah.
Is it healthy for her?

Kalau sama aku Abel gak mau nurut. Malah makin ngamuk gak tentu arah.
Kalau sama papanya dia baru diam.
:( :( :(

Susahnya mendidik anak ya.
Gak ada ilmu pastinya. Dan aku paling benci pulak dibading2in atau disalah2in dalam ngurus Abel.

Kadang suka ngerasa kalau Abel gak sayang aku.
Apa2 nyari papanya.
Sama aku cuman minta mimiq aja.
Aku jadi ibu2 insecure yang takut dibenci anak.
Sedih juga kalau Abel lebih anteng sama papanya. Sama aku kok kayak mau nangis aja dianya.

Gak tau deh. Aku lagi super sensitif.
Saking jealousnya...aku sampe marah2 juga sama papa Abel.
Cemburu buta.

Mungkin lagi fasenya begitu ya.
Aku mau beli buku2 parenting lah. Walaupun gak ada ilmu pastinya, tapi tetap aja aku wajib belajar. Mau usaha buat tanya2 pengalaman orang lain. Jangan merasa paling bisa sendiri.
Berat memang.
Tapi Abel mau jadi pribadi yg gimana nantinya itu tanggung jawab aku kan. Jangan sampai salah asuh.

Masalah makan juga.
Abel payah makan dan picky eater. Salah dari awal mula MPASI nya mungkin. Duh...aku takut kali Abel gak sempurna perkembangan otaknya karena masalah kurang gizi dan nutrisi ini. Sejak kerja aku suka kecapekan dan kurang ngurus Abel.
Aku coba gak banding2in Abel sama anak lain. Tapi tetap aja cemas. Berat badan cuma 9, 6 kg sementara umur udah mau 2 tahun.
Aktif sih...dan Abel banyak pinternya sekarang, tapi sedih juga liat dia kurus gitu.

Am I a bad mother?

Berkali2 bilang kalau kerja gak akan ngurangi aku buat maksimal ngurus Abel, tapi ternyata akunya kecapekan. Abel tantrum dan akunya ikut marahin dia. Dianya ngambek gak mau deket aku.
*nangis di pojokan*

But I do believe that I have strong enough to face this.
Do not whinning all the time.
Find the solution.

Semoga aja fase Ini segera berlalu ya.

Maafin mama ya, Bel...




Comments

Popular posts from this blog

Lucky